KATASUMBAR – Kasus kematian Afif Maulana, remaja 13 tahun saat penindakan dugan tindakan tawuran di Kota Padang menyita perhatian publik.

Banyak pihak yang menuntut Polisi agar melakukan proses penyelidikan yang lebih transparan.

Serta tak sedikit pula yang mendesak Polda Sumbar melakukan penyelidikan menyeluruh, agar tidak salah dalam menyimpulkan kasus kematian Afif tersebut.

Namun dari sekian banyak komentar yang berseliweran di linimasa, ada satu komentar berbeda yang disampaikan oleh seorang praktisi hukum pidana.

Dia adalah Pitra Romadoni Nasution. Sebagai praktisi hukum, Pitra malah justru memberi pendapat berbeda.

Ia justru memberi apresiasi pada Polda Sumbar. Namun bukan soal proses penyelidikan penyebab kematian Afif yang jadi sorotan.

Melainkan tindakan antisipasi terjadinya benturan antar geng tawuran di Kota Padang sebelum Afif ditemukan tak bernyawa.

Dikutip dari TV One, menurut dia, aksi tawuran tersebut dapat menganggu kenyamanan dan ketertiban masyarakat.

“Sehingga upaya penegakan hukum yang dilakukan oleh Polda Sumbar sudah tepat dengan melakukan razia besar besaran di 15 titik kumpul pelaku tawuran.”

“Dan melumpuhkan para pelaku kejahatan geng tawuran dan mengejar semua para pelaku sehingga tidak terjadi peristiwa berdarah,” katanya.

Dengan langkah tersebut, artinya Polda Sumbar sebut dia, memprioritaskan keselamatan masyarakat sipil.

Hal tersebut dilakukan tanpa terkecuali sebab kata Pitra, keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi yaitu Salus Populi Suprema Lex Esto.

“Atas prestasi itu, semestinya Kapolda Sumatera Barat dan Dir Reskrimum Polda Sumatera Barat dapat penghargaan dari Presiden Jokowi dan Kapolri.”

“Karena prestasinya berhasil menyelamatkan ratusan nyawa anak manusia sehingga tidak terjadinya pembunuhan massal tawuran,” beber dia.

Pitra Nasution juga meminta masyarakat agar tidak percaya pada asumsi dan opini sesat yang ingin menjatuhkan reputasi dan kinerja Kepolisian.

Pitra juga meminta agar Polda Sumbar segera mengungkap kelompok-kelompok geng tawuran yang meresahkan masyarakat itu ke publik.

Sehingga masyarakat memahami niat baik dari kepolisian dalam menyelamatkan setiap masyarakat sipil Sumatera Barat.(*)

*
Silahkan bergabung di Grup FB SUMBAR KINI untuk mendapatkan informasi terupdate tentang Sumatera Barat.

****

Dapatkan info berita terbaru via group WhatsApp (read only) KATASUMBAR / SUMBAR KINI (Klik Disini)  😊

*

Suscribe YOUTUBE KATA SUMBAR untuk mendapatkan informasi terbaru dalam bentuk video.